Pengenalan Bahasa Pemrograman





Pada postingan ini akan akan dibahas terkait bebrapa hal yang perlu diketahui sebelum kita memulai untuk mempelajari suatu Bahasa Pemrograman.
1. Pengertian
Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi


2. Komponen dalam Bahasa Pemrograman

a)      Algoritma
Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu.
b)      Syntax
Syntak dalam pemrograman merupakan suatu perintah atapun code yang dijadikan sebagai standar penulisan dalam bahasa pemrogran tertentu. Setiap bahasa pemrograman memiliki sintak tersendiri yang pastinya berbeda antara satu bahasa pemrograman dengan bahasa pemrograman lain, namun hal yang sama dari setiap sintak adalah pasti terdapat awal dan akhir program, pasti terdapat operasi input, output, dan proses. Maka dari itu seteleah mengetahui algortima dari program, kita harus mengetahui sintak dari bahasa pemrograman yang akan kita gunakan.
c)      Interpreter, pustaka
Intepreter adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program yang kita buat lalu menerjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin bisa melakukan instruksi yang diminta oleh programer tersebut sesuai dengan yang diminta oleh programer, dan pustaka adalah suatu library standar yang terdapa pada bahasa pemrogram yang didalamnya terdapat suatu perintah yang berfungsi untuk mendukung dalam pembuatan suatu program (biasanya terdapat dalam bahasa C, C++, Java). Intepreter dan pustaka perlu kita pahami dalam pembuatan suatu program, agar kita dapat membuat program sesuai dengan keinginan kita.
d)     IDE+OS
IDE adalah perangkat lunak yang diperlukan untuk pembuat suatu program yang akhirnya akan menjadi software. Dengan menggunakan IDE semua hal yang dibutuhkan oleh programer sudah dikelompokan menjadi satu dalam suatu perangkat lunak, hal tersebut mulai dari text editor, compiler (intepreter), system help dan kebutuhan lain yang bisa mendukung pembuat suatu program. Hal yang perlu kita ketahui dalam penggunaan aplikasi IDE adalah dukungan dari OS komputer yang kita gunakan untuk membuat suatu program.
 



3. Model Pemrograman 

Pemrograman  dapat dibedakan sebagai berikut :
1.       OOP (Object-Oriented Programming) 
Model pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat
OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data
dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan
dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data,
dan mengirim pesan ke objek lainnya.

Bahasa pemrograman yang mendukung OOP antara lain:  
·         Visual Foxpro
·         Java
·         C++
·         Pascal (bahasa pemrograman)
·         Visual Basic.NET
·         SIMULA
·         Smalltalk
·         Ruby
·         Python
·         PHP
·         C#
·         Delphi
·         Eiffel
·         Perl
·         Adobe Flash AS 3.0
2.       Pemrograman Terstruktur
Pemrograman Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Selain pengertian diatas Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah Jika suatu proses telah sampai pada suatu titik / langkah tertentu , maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya / kembali lagi ke baris sebelumnya, kecuali pada langkah – langkah untuk proses berulang (Loop).
Bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman terstruktur:
a.       Cobol Turbo Prolog
b.      C
c.       Pascal
d.      Delphi
e.       Borland Delphi





  

4.Peran Bahasa Pemrograman
Pemrograman memiliki banyak peran dalam mendukung setiap produk teknologi,
      Jaringan computer : socket programming
Dalam jaringan komputer bahasa pemrograman memiliki peran yang penting. Pernahkan anda berpikir bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan orang lain melalui jaringan, misalnya melalui internet?. Pastinya anda berpikir bahwa proses komunikasi itu hanya berjalan melalui pengiriman data secara langsung, namun tanpa anda sadari, sebenarnya proses komunikasi yang kita lakukan itu juga melibatkan bahasa pemrograman dari aplikasi yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Dalam suatu aplikasi yang kita gunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer terpadat bahasa pemrograman yang berfungsi untuk menerjemahkan data yang kita kirim menjadi data analog agar dimengerti oleh bahasa mesin, yang kemudian dikelompokan berdasarkan jenis paket data yang kita kirimkan, contohnya jika kita mengirimkan paket data e-mail maka port yang digunakan adalah port jaringan dengan no 25. Kemudian paket tersebut akan dikaitkan dengan port dengan nomor yang sama, sehingga proses komunikasi bisa diterima oleh penerima. Peran bahasa pemrogram dalam proses komunikasi melalui jaringan internet ini dikenal dengan Socket Programming. Contoh bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk socket programming ini adalah  C, Java, Python

 Database
Peran pemrograman dalam database adalah dalam pengelolaan suatu database, mulai dari penyimpanan, penambahan, penghapusan, pengeditan. Bahasa pemrograman dalam database juga digunakan sebagai antar muka dengan pengguna dan pembuat dari database tersebut, serta tidak menutup kemungkinan juga digunakan untuk menghubungkan satu database dengan database lainnya. Contohnya DBC (Java ODBC, Python)

  Internet of thing
Kegunaan lain pemrograman adalah Internet of Things. Pernahkan anda menggunakan remote untuk mengunci mobil anda, atau pernahkan anda memasang perangkat cerdas di rumah anda yang bisa anda gunakan untuk mematikan semua lampu dari kejauhan?. Semua kasus itu merupakan contoh dari internet of things, jadi dengan bahasa pemrograman kita bisa membuat suatu alat cerdas yang bisa melakukan semua hal tersebut, tentunya dengan memanfaatkan teknologi jaringan komputer terutama jaringan wireless

  Cloud computing
Pernahkah anda menyimpan file di google drive, ataupu media penyimpanan lain yang berhubung dengan jaringan komputer?. Jika pernah, semua hal tersebut merupakan contoh dari pemanfaatan teknologi cloud computing, teknologi ini sering digunakan oleh seseorang untuk menyimpan data pribadinya dalam suatu media penyimpanan yang mudah untuk diakses tanpa perlu membawa media penyimpanan tersebut, bisanya media penyimpanan yang digunakan adalah google drive, yang pastinya bisa diakses dimana saja asalkan ada suatu jaringan internet.
    Intelligent Transportation System (ITS)
Intelligent transfortation system merupakan suatu metode transportasi cerdas yang tentunya bisa memudah pengguna dalam menjalankannya. Contohnya dalam hal mengatur suatu lokasi pakir, dimana para pengemudi tidak perlu mencari lokasi parkir yang kosong lagi sebab telah diarahkan oleh suatu sensor ke lokasi parkir yang kosong, sehingga pengemudi hanya perlu mengikutinya saja. Contoh lainnya adalah suatu mobil cerdas dimana dalam hal parkir di tempat yang sangat sulit mobil tersebut bisa melakukannya sendiri tanpa perlu diarahkan oleh pengemudi, sebenarnya mobil ini memanfaatkan teknologi sensor cerdas yang telah diprograman oleh programernya untuk memudahankan dalam hal yang sangat sulit.

    Parallel Computing
Parallel computing merupakan suatu metode dengan memanfaatkan komputer dengan spesifikasi yang minimal, namun dalam jumlah banyak yang saling terkoneksi untuk membangun suatu server. Hal ini terkesan memang lebih sulit jika dibandingkan dengan kita menggunakan satu komputer saja sebagai server, walaupun demikian ternyata metode parallel computing ini lebih efisien dalam hal kecepatan kinerja dari pada kita harus menggunakan satu komputer saja untuk server, yang tentunya bisa membuat komputer itu bekerja begitu berat dan akan berpengaruh pada kecepatan prosesnya. Parallel computing ini merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk membangun sebuah server contohnya google.

  Bio Informatika & E-health
Bio informatika dan e-health merupakan suatu pengecekan kesehatan yang bisa dilakukan melalui komputer. Hal ini tentunya bisa dilakukan, dengan bantuan bahasa pemrograman dan ilmu kesehatan. Kita bisa membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk mengecek suatu gejala ataupun penyakit yang diderita oleh seseorang dan memberi solusi untuk penyakit tersebut tentunya harus dengan bantuan dan sesuai dengan ilmu kesehatan.

5. Tips Pemrograman
Selanjutnya adalah beberapa tips yang harus diketahui untuk melakukan pemrograman
1 Pahami algoritma
2 Kuasai syntax
3 Pahami model pemrograman (struktur/object oriented)
4 Berlatih
5 berlatih menyelesaikan yang dimulai dari Studi kasus sehari-hari
6 Aktif dalam pengembangan (project, open source, github, dll)

6.Security
Dalam suatu program mungkin akan terjadi kesalahan baik itu dari keamanan atau lain sebagainya. Namun kesalahan bukan hanya timbul dari pihak luar namun bia saja dari programmer itu sendiri. Adapun security dalam hal pemrograman adalah sebagai berikut
     Kesalahan algoritma
Jika dalam membuat programan algoritma yang kita gunakan salah maka dapat dipastikan bahwa program yang kita buat tidak bisa berjalan sesuai dengan urutan logika. Kesalahan lain yang mungkin dari algoritma adalah kesalahan kita dalam menerjemahkan suatu algoritma ke dalam suatu bahasa pemrograman. Seperti halnya lupa mengisi syarat untuk berhenti saat pengulangan program. Maka program tersebut terus berjalan tanpa henti.

  Buffer overflow
Buffer overflow adalah suatu keadaan dimana pogram yang kita buat memerlukan sumber daya memori yang begitu besar, sehingga bisa memenuhi memori komputer yang kita gunakan. Buffer overflow ini bisa terjadi jika kita membuat suatu program yang bisa memecah dirinya sendiri, sehingga bisa memenuhi memori komputer yang akhirnya bisa membuat suatu komputer manjadi hang. Apabila hal tersebut terjadi, dapat dikatakan ini merupakan suatu tindak merugikan pengguna komputer.

7.Tingkatan Pemrograman

Bahasa pemrograman dibedakan menjadi 2 berdasarkan tingkatan ,yaitu
-Bahasa tingkat rendah. Bahasa jenis ini dirancang agar setiap instruksinya langsung dikerjakan oleh komputer, tanpa harus melalui penerjemah (translator). Contohnya adalah bahasa mesin. CPU mengambil instruksi dari memori, langsung mengerti dan langsung mengerjakan operasinya. Bahasa tingkat rendah bersifat primitif, sangat sederhana, orientasinya lebih dekat ke mesin, dan sulit dipahami manusia. Sedangkan bahasa rakitan dimasukkan ke dalam kelompok ini karena alasan notasi yang dipakai dalam bahasa ini lebih dekat ke mesin, meskipun untuk melaksanakan instruksinya masih perlu penerjemahan ke dalam bahasa mesin

 -Bahasa tingkat tinggi, yang membuat pemrograman lebih mudah dipahami, lebih “manusiawi”, dan berorientasi ke bahasa manusia (bahasa Inggris). Hanya saja, program dalam bahasa tingkat tinggi tidak dapat langsung dilaksanakan oleh komputer. Ia perlu diterjemahkan terlebih dahulu oleh sebuah translator bahasa (yang disebut kompilator atau compiler) ke dalam bahasa mesin sebelum akhirnya dieksekusi oleh CPU. Contoh bahasa tingkat tinggi adalah Pascal, PL/I, Ada, Cobol, Basic, Fortran, C, C++, dan sebagainya. 


berikut adalah sedikit pengenalan tentang bahasa pemrograman, jika ada yang kurang jelas silahkan komen di bawah sini , terima kasih

Posting Komentar

be happy to coment and follow

Lebih baru Lebih lama