|
Pada postingan ini akan
akan dibahas terkait bebrapa hal yang perlu diketahui sebelum kita memulai untuk
mempelajari suatu Bahasa Pemrograman.
1.
Pengertian
Bahasa
Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk
memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini
merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk
mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer
dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer,
bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara
persis yang akan diambil dalam berbagai situasi
2.
Komponen dalam Bahasa Pemrograman
a) Algoritma
Algoritma
adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Algoritma adalah urutan
langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan
logis”. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma.
Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan
bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah
spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu.
b) Syntax
Syntak
dalam pemrograman merupakan suatu perintah atapun code yang dijadikan sebagai
standar penulisan dalam bahasa pemrogran tertentu. Setiap bahasa pemrograman
memiliki sintak tersendiri yang pastinya berbeda antara satu bahasa pemrograman
dengan bahasa pemrograman lain, namun hal yang sama dari setiap sintak adalah
pasti terdapat awal dan akhir program, pasti terdapat operasi input, output,
dan proses. Maka dari itu seteleah mengetahui algortima dari program, kita
harus mengetahui sintak dari bahasa pemrograman yang akan kita gunakan.
c) Interpreter,
pustaka
Intepreter
adalah perangkat lunak yang mampu mengeksekusi code program yang kita buat lalu
menerjemahkannya ke dalam bahasa mesin, sehingga mesin bisa melakukan instruksi
yang diminta oleh programer tersebut sesuai dengan yang diminta oleh programer,
dan pustaka adalah suatu library standar yang terdapa pada bahasa pemrogram
yang didalamnya terdapat suatu perintah yang berfungsi untuk mendukung dalam
pembuatan suatu program (biasanya terdapat dalam bahasa C, C++, Java).
Intepreter dan pustaka perlu kita pahami dalam pembuatan suatu program, agar
kita dapat membuat program sesuai dengan keinginan kita.
d) IDE+OS
IDE
adalah perangkat lunak yang diperlukan untuk pembuat suatu program yang
akhirnya akan menjadi software. Dengan menggunakan IDE semua hal yang
dibutuhkan oleh programer sudah dikelompokan menjadi satu dalam suatu perangkat
lunak, hal tersebut mulai dari text editor, compiler (intepreter), system help
dan kebutuhan lain yang bisa mendukung pembuat suatu program. Hal yang perlu
kita ketahui dalam penggunaan aplikasi IDE adalah dukungan dari OS komputer
yang kita gunakan untuk membuat suatu program.
Pemrograman
dapat dibedakan sebagai berikut :
1. OOP
(Object-Oriented Programming)
Model pemrograman berorientasi objek
(Inggris: object-oriented programming disingkat
OOP) merupakan paradigma
pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data
dan fungsi di dalam
paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan
dengan
logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses
data,
dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Bahasa
pemrograman yang mendukung OOP antara lain:
·
Visual Foxpro
·
Java
·
C++
·
Pascal (bahasa pemrograman)
·
Visual Basic.NET
·
SIMULA
·
Smalltalk
·
Ruby
·
Python
·
PHP
·
C#
·
Delphi
·
Eiffel
·
Perl
·
Adobe Flash AS 3.0
2.
Pemrograman
Terstruktur
Pemrograman
Terstruktur adalah suatu proses untuk mengimplementasikan urutan langkah untuk
menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program. Selain pengertian diatas
Pemrograman Terstruktur adalah suatu aktifitas pemrograman dengan memperhatikan
urutan langkah-langkah perintah secara sistematis, logis , dan tersusun
berdasarkan algoritma yang sederhana dan mudah dipahami. Prinsip dari
pemrograman terstruktur adalah Jika suatu proses telah sampai pada suatu titik
/ langkah tertentu , maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah
sebelumnya / kembali lagi ke baris sebelumnya, kecuali pada langkah – langkah
untuk proses berulang (Loop).
Bahasa
pemrograman yang mendukung pemrograman terstruktur:
a.
Cobol Turbo Prolog
b.
C
c.
Pascal
d.
Delphi
e.
Borland Delphi
4.Peran
Bahasa Pemrograman
Pemrograman memiliki
banyak peran dalam mendukung setiap produk teknologi,
Jaringan computer : socket
programming
Dalam jaringan komputer bahasa pemrograman memiliki peran
yang penting. Pernahkan anda berpikir bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan
orang lain melalui jaringan, misalnya melalui internet?. Pastinya anda berpikir
bahwa proses komunikasi itu hanya berjalan melalui pengiriman data secara
langsung, namun tanpa anda sadari, sebenarnya proses komunikasi yang kita
lakukan itu juga melibatkan bahasa pemrograman dari aplikasi yang kita gunakan
untuk berkomunikasi. Dalam suatu aplikasi yang kita gunakan untuk berkomunikasi
melalui jaringan komputer terpadat bahasa pemrograman yang berfungsi untuk
menerjemahkan data yang kita kirim menjadi data analog agar dimengerti oleh
bahasa mesin, yang kemudian dikelompokan berdasarkan jenis paket data yang kita
kirimkan, contohnya jika kita mengirimkan paket data e-mail maka port yang
digunakan adalah port jaringan dengan no 25. Kemudian paket tersebut akan
dikaitkan dengan port dengan nomor yang sama, sehingga proses komunikasi bisa
diterima oleh penerima. Peran bahasa pemrogram dalam proses komunikasi melalui
jaringan internet ini dikenal dengan Socket Programming. Contoh bahasa
pemrograman yang sering digunakan untuk socket programming ini adalah C,
Java, Python
Database
Peran pemrograman dalam database adalah dalam pengelolaan
suatu database, mulai dari penyimpanan, penambahan, penghapusan, pengeditan.
Bahasa pemrograman dalam database juga digunakan sebagai antar muka dengan
pengguna dan pembuat dari database tersebut, serta tidak menutup kemungkinan
juga digunakan untuk menghubungkan satu database dengan database lainnya.
Contohnya DBC (Java ODBC, Python)
Internet
of thing
Kegunaan lain pemrograman adalah Internet of Things.
Pernahkan anda menggunakan remote untuk mengunci mobil anda, atau pernahkan anda
memasang perangkat cerdas di rumah anda yang bisa anda gunakan untuk mematikan
semua lampu dari kejauhan?. Semua kasus itu merupakan contoh dari internet of
things, jadi dengan bahasa pemrograman kita bisa membuat suatu alat cerdas yang
bisa melakukan semua hal tersebut, tentunya dengan memanfaatkan teknologi
jaringan komputer terutama jaringan wireless
Cloud
computing
Pernahkah anda menyimpan file di google drive, ataupu media
penyimpanan lain yang berhubung dengan jaringan komputer?. Jika pernah, semua
hal tersebut merupakan contoh dari pemanfaatan teknologi cloud computing,
teknologi ini sering digunakan oleh seseorang untuk menyimpan data pribadinya
dalam suatu media penyimpanan yang mudah untuk diakses tanpa perlu membawa
media penyimpanan tersebut, bisanya media penyimpanan yang digunakan adalah
google drive, yang pastinya bisa diakses dimana saja asalkan ada suatu jaringan
internet.
Intelligent Transportation System (ITS)
Intelligent transfortation system merupakan suatu metode
transportasi cerdas yang tentunya bisa memudah pengguna dalam menjalankannya.
Contohnya dalam hal mengatur suatu lokasi pakir, dimana para pengemudi tidak
perlu mencari lokasi parkir yang kosong lagi sebab telah diarahkan oleh suatu
sensor ke lokasi parkir yang kosong, sehingga pengemudi hanya perlu
mengikutinya saja. Contoh lainnya adalah suatu mobil cerdas dimana dalam hal
parkir di tempat yang sangat sulit mobil tersebut bisa melakukannya sendiri
tanpa perlu diarahkan oleh pengemudi, sebenarnya mobil ini memanfaatkan
teknologi sensor cerdas yang telah diprograman oleh programernya untuk
memudahankan dalam hal yang sangat sulit.
Parallel Computing
Parallel computing merupakan suatu metode dengan
memanfaatkan komputer dengan spesifikasi yang minimal, namun dalam jumlah
banyak yang saling terkoneksi untuk membangun suatu server. Hal ini terkesan
memang lebih sulit jika dibandingkan dengan kita menggunakan satu komputer saja
sebagai server, walaupun demikian ternyata metode parallel computing ini lebih
efisien dalam hal kecepatan kinerja dari pada kita harus menggunakan satu
komputer saja untuk server, yang tentunya bisa membuat komputer itu bekerja
begitu berat dan akan berpengaruh pada kecepatan prosesnya. Parallel computing ini
merupakan metode yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar
untuk membangun sebuah server contohnya google.
Bio
Informatika & E-health
Bio informatika dan e-health merupakan suatu pengecekan
kesehatan yang bisa dilakukan melalui komputer. Hal ini tentunya bisa
dilakukan, dengan bantuan bahasa pemrograman dan ilmu kesehatan. Kita bisa
membuat suatu aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk
mengecek suatu gejala ataupun penyakit yang diderita oleh seseorang dan memberi
solusi untuk penyakit tersebut tentunya harus dengan bantuan dan sesuai dengan
ilmu kesehatan.
5. Tips Pemrograman
Selanjutnya adalah beberapa tips yang harus diketahui untuk melakukan
pemrograman
1 Pahami algoritma
2 Kuasai syntax
3 Pahami model pemrograman (struktur/object oriented)
4 Berlatih
5 berlatih menyelesaikan yang dimulai dari Studi kasus sehari-hari
6 Aktif dalam pengembangan (project, open source, github, dll)
6.Security
Dalam suatu program mungkin akan terjadi kesalahan baik itu dari keamanan
atau lain sebagainya. Namun kesalahan bukan hanya timbul dari pihak luar namun
bia saja dari programmer itu sendiri. Adapun security dalam
hal pemrograman adalah sebagai berikut
Kesalahan algoritma
Jika dalam membuat programan algoritma yang kita gunakan
salah maka dapat dipastikan bahwa program yang kita buat tidak bisa berjalan
sesuai dengan urutan logika. Kesalahan lain yang mungkin dari algoritma adalah
kesalahan kita dalam menerjemahkan suatu algoritma ke dalam suatu bahasa
pemrograman. Seperti halnya lupa mengisi syarat untuk berhenti saat
pengulangan program. Maka program tersebut terus berjalan tanpa henti.
Buffer
overflow
Buffer overflow adalah suatu keadaan dimana pogram yang kita
buat memerlukan sumber daya memori yang begitu besar, sehingga bisa memenuhi
memori komputer yang kita gunakan. Buffer overflow ini bisa terjadi jika kita
membuat suatu program yang bisa memecah dirinya sendiri, sehingga bisa memenuhi
memori komputer yang akhirnya bisa membuat suatu komputer manjadi hang. Apabila
hal tersebut terjadi, dapat dikatakan ini merupakan suatu tindak merugikan
pengguna komputer.
7.Tingkatan
Pemrograman
Bahasa pemrograman dibedakan menjadi 2 berdasarkan tingkatan ,yaitu
-Bahasa tingkat rendah. Bahasa jenis ini dirancang agar
setiap instruksinya langsung dikerjakan oleh komputer, tanpa harus melalui
penerjemah (translator). Contohnya adalah bahasa mesin. CPU
mengambil instruksi dari memori, langsung mengerti dan langsung
mengerjakan operasinya. Bahasa tingkat rendah bersifat primitif, sangat
sederhana, orientasinya lebih dekat ke mesin, dan sulit dipahami manusia.
Sedangkan bahasa rakitan dimasukkan ke dalam kelompok ini karena alasan
notasi yang dipakai dalam bahasa ini lebih dekat ke mesin, meskipun untuk
melaksanakan instruksinya masih perlu penerjemahan ke dalam bahasa mesin-Bahasa tingkat tinggi, yang membuat pemrograman lebih mudah dipahami, lebih “manusiawi”, dan berorientasi ke bahasa manusia (bahasa Inggris). Hanya saja, program dalam bahasa tingkat tinggi tidak dapat langsung dilaksanakan oleh komputer. Ia perlu diterjemahkan terlebih dahulu oleh sebuah translator bahasa (yang disebut kompilator atau compiler) ke dalam bahasa mesin sebelum akhirnya dieksekusi oleh CPU. Contoh bahasa tingkat tinggi adalah Pascal, PL/I, Ada, Cobol, Basic, Fortran, C, C++, dan sebagainya.
berikut adalah sedikit pengenalan tentang bahasa pemrograman, jika ada yang kurang jelas silahkan komen di bawah sini , terima kasih
Tags:
ARCHIVE